EMAS, INFLASI, DAN HARGA EMAS ~ Guide To Investasi Emas
Panduan Cermat Berinvestasi Emas
Posted by Unknown on 12:35 AM in | No comments
SEKILAS TENTANG EMAS

Emas sebagai salah satu jenis barang tambang yang paling special merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki simbol Au dengan nomor atom 79. Sifat kimia dari emas adalah “inert”, yang berarti emas tidak mudah bereaksi dengan unsur kimia lain. Emas tetap akan tetap berkilau walaupun sekian lama terkubur di dalam tanah atau di dasar lautan. Oleh karena itu emas sering disebut juga sebagai logam mulia.

Logam emas sebagai salah satu hasil tambang mempunyai kegunaan dalam berbagai industri. Tapi penggunaan utamanya adalah sebagai perhiasan dan alat transaksi perdagangan atau mata uang, keduanya merupakan sarana lindung nilai. Emas telah digunakan sebagai mata uang sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu. Bahkan sejak jaman Nabi Muhammad SAW pun telah menggunakan emas sebagai alat transaksi perdagangan.

Emas merupakan logam yang mempunyai nilai yang sangat tinggi di semua kebudayaan di dunia, tidak hanya setelah diolah menjadi barang jadi, bahkan dalam bentuk mentahnya sekalipun emas masih selalu menyilaukan. Di Indonesia terdapat salah satu tambang emas terbesar di dunia, yaitu yang berada di Tembaga Pura, yang dikelola oleh PT. Freeport Indonesia.

Di Indonesia pun kita memiliki PT Aneka Tambang sebagai salah satu perusahaan yang mengolah emas mentahan menjadi barang jadi yang bersertifikat internasional dan diakui dunia. Kemurnian emas yang di olah pun bisa mencapai 99.99%.

EMAS DAN INFLASI

Emas dan Inflasi memang selau menjadi pemikiran tersendiri dalam dunia investasi. Emas sering disebut dengan istilah “Barometer of fear”. Pada saat orang-orang cemas dengan kondisi perekonomian yang tidak menentu dan cenderung negatif, mereka cenderung lebih memilih membeli emas untuk melindungi nilai kekayaan mereka dibandingkan lainnya. Dua macam kondisi ekonomi yang sering membuat orang cemas adalah inflasi dan deflasi. Emas telah terbukti sebagai sarana penyimpanan kekayaan yang tahan baik terhadap inflasi maupun deflasi.

Salah satu bukti nyata ketahanan emas terhadap inflasi dapat kita lihat dari contoh berikut: Pada jaman Rasulullah Muhammad SAW, sekitar 1400 tahun yang lalu, harga satu ekor kambing adalah seharga satu dinar. Satu dinar adalah sepotong emas dengan kadar 22 karat dan mempunyai berat sebesar 4.25 gram. Saat ini, seekor kambing dengan kualitas yang sama masih mempunyai harga yang ekivalen dengan satu dinar.

Dapat kita lihat bahwa nilai emas sama sekali tidak terpengaruh oleh perubahan situasi ekonomi selama lebih dari 14 abad. Bandingkan dengan harga kambing kalau dihitung dalam rupiah. Sepuluh tahun lalu, uang sebesar 300 ribu rupiah bisa membeli seekor kambing yang bagus. Tapi sekarang, kambing yang bagus harus dibeli dengan uang lebih dari satu juta rupiah.
Sudah sangat jelas bahwa emas memang sarana investasi yang paling ampuh menghadapi inflasi dan tetap melindungi nilai kekayaan kita. Berinvestasi emas tidak membuat kita kaya, tetapi dengan berinvestasi emas akan membuat kita tetap kaya. Tapi saat ini berinvestasi emas tidak hanya membuat kita tetap kaya tetapi membuat kita MAKIN KAYA, temukan caranya disini.

CARA MEMANTAU HARGA EMAS SETIAP SAAT

Untuk berinvestasi dalam emas, penting bagi kita untuk dapat mengetahui perkembangan dari harga emas untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Baik untuk keperluan membeli maupun menjual emas.

Kita bisa memantau perkembangan harga emas secara internasional melalui beberapa website setperti www.kitco.com atau www.goldprice.org.

Selain menampilkan harga emas terbaru, kedua website itu juga menampilkan perkembangan harga emas dalam bentuk grafik, mulai dari sebulan, 6 bulan, setahun, 2 tahun, bahkan 10 tahun terakhir. Bahkan goldprice.org menyediakan fasiliatas pilihan mata uang IDR (Rupiah) dalam grafik perkembangan harga emas dunia.

Dari grafik tersebut, digabungkan dengan pengetahuan kita mengenai hal-hal yang mempengaruhi pergerakan harga emas dari berita dan informasi di semua media informasi yang ada, maka kita bisa memperkirakan bagaimana arah perkembangan harga emas selanjutnya sehingga bisa mengambil keputusan investasi yang lebih baik.

Harga emas di indonesia dapat kita pantau melalui website unit logam mulia PT. Aneka Tambang dengan alamat www.logammulia.com. Melalui website ini kita dapat mengetahui berapa harga dari tiap-tiap satuan emas batangan yang diproduksi oleh PT. Aneka tambang.

Perhatikan pula berita terhangat dan kondisi terkini perkembangan di Indonesia dan mancanegara. Banyak kejadian-kejadian di mancanegara yang turut mempengaruhi harga emas dunia. Baca pula artikel-artikel dari guidetoinvestasiemas.blogspot.com sebagai Panduan Berinvestasi Emas Anda.

0 comments:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter